Selasa, 12 Februari 2019

Pengadaan PPPK (P3K) Berdasarkan Permenpan RB Nomor 2 Tahun 2019


Permenpan RB Nomor 2 Tahun 2019 tentang Pengadaan PPPK (P3K) untuk Guru, Dosen, Tenaga Kesehatan, dan Penyuluh Pertanian ini akan kami bagikan kepada para pengunjung setia blog www.komunitaspkb.com sebagai perbaruan informasi seputar Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun 2019 yang santer diberitakan akhir-akhir ini. 

Permenpan RB Nomor 2 Tahun 2019 tentang Pengadaan P3K

Peraturan Menpan RB No.2 Tahun 2019 ini diterbitkan berdasarkan pertimbangan berikut:
  • (a) untuk mewujudkan Nawacita dan mendukung Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional, khususnya pda sektor pelayanan pendidikan dan kesehatan, serta peningkatan ketahanan pangan, diperlukan Pegawai Aparatur Sipil Negara yang berkualitas dan profesional dengan jumlah yang tepat di lingkungan pemerintah;
  • (b) untuk mengisi kebutuhan jumlah dan jenis jabatan guru, dosen, tenaga kesehatan, dan penyuluh pertanian, perlu menetapkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Guru, Dosen, Tenaga Kesehatan, dan Penyuluh Pertanian.

Berdasarkan Pasal 2 Permenpan RB Nomor 2 Tahun 2019, dinyatakan bahwa Ruang lingkup pengadaan PPPK meliputi:
  • a. TH Eks K-II;
  • b. dosen dan tenaga kependidikan pada PTN baru;
  • c. penyuluh pertanian berdasarkan surat keputusan menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pertanian/ Direktur Jenderal/ kepala dinas pertanian provinsidan/ atau nota kesepahaman/ MoU antara kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pertanian dengan pemerintah daerah.

Dalam Pasal 3 Permenpan RB Nomor 2 Tahun 2019 ditegaskan bahwa yang dimaksud TH Eks K-II adalah:
  • a. guru yang masih aktif mengajar;
  • b. dosen yang masih aktif bertugas di intansi pemerintah;
  • c. tenaga kesehatan yang masih aktif bertugas di unit pelayanan kesehatan intansi pemerintah; dan
  • d. penyuluh pertanian yang masih aktif bertugas.

Selanjutnya dalam Pasal 4 Permenpan RB Nomor 2 Tahun 2019 ditegaskan bahwa yang dimaksud dengan Tenaga Kesehatan adalah: a. dokter umum/ spesialis; b. dokter gigi/ spesialis; c. Bidan; d. Perawat; e. Perawat gigi; f. Apoteker; g. Asisten Apoteker; h. pranata laboratorium kesehatan; i. teknik elektromedis; j. perekam medis; k. fisioterafis; l. radiografer; m. sanitarian; n. nutrisionis; o. epidemiolog kesehatan; p. entomolog kesehatan; q. refraksionis optisien; r. administrator kesehatan; s. penyuluh kesehatan masyarakat; t. analisis kesehatan; dan u. penguji kesehatan dan keselamatan kerja (tenaga kesehatan lingkungan kerja).

Adapun Persyaratan Pendaftaran PPPK (P3K) terdapat dalam Pasal 3 ayat (1) Permenpan RB Nomor 2 Tahun 2019 yakni sebagai berikut:


Untuk lebih jelasnya, silakan langsung unduh file Salinan Permenpan RB Nomor 2 Tahun 2019 tentang Pengadaan PPPK (P3K) pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini:

Download Permenpan RB Nomor 2 Tahun 2019 tentang Pengadaan PPPK (P3K)





Rekomendasi !!!



Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Pengadaan PPPK (P3K) Berdasarkan Permenpan RB Nomor 2 Tahun 2019. Semoga dapat bermanfaat bagi anda dalam mempersiapkan diri dalam melaksanakan program. Kritik dan saran saya harapkan untuk bahan perbaikan blog ini pada masa yang akan datang. Blog komunitaspkb.com ini merupakan blog informasi dan berita terkini seputar dunia pendidikan seperti informasi UKG, PKG, Sertifikasi, CPNS, Inpasing, PKB dan info penting lainnya. Untuk itu update terus blog ini supaya anda tidak ketinggalan berita terbaru dari kami.


EmoticonEmoticon