Jumat, 27 Juli 2018

Pos Akreditasi SD, SMP, SMA, SMK Tahun 2018 - BAN S/M


Pos Akreditasi SD, SMP, SMA, SMK Tahun 2018 merupakan informasi terbaru yang akan kami bagikan pada kesempatan kali ini. POS Akreditasi sekolah/madrasah ini disusun dan ditetapkan serta disosialisasikan oleh BAN-S/M sebagai lembaga yang bertugas untuk melakukan penjaminan mutu pendidikan. Selanjutnya, BAP-S/M akan mempelajarinya dan menindaklanjuti kebijakan dan prosedur yang diterbitkan oleh BAN-S/M tersebut. BAN-S/M, dalam tahapan terakhir akan melakukan evaluasi dan monitoring terhadap tahapan pelaksanaan POS.

Pos Akreditasi 2018 SD, SMP, SMA, SMK - BAN S/M

Sebelum tahapan pelaksanaan akreditasi, BAN-S/M menetapkan jumlah dan daftar sekolah/madrasah sasaran yang akan diakreditasi di setiap provinsi berdasarkan basis data BAN-S/M tentang sekolah/madrasah yang belum diakreditasi dan sekolah/madrasah yang harus diakreditasi ulang. BAP-S/M perlu melakukan validasi terhadap daftar sekolah/madrasah sasaran untuk memastikan bahwa sekolah/madrasah yang akan diakreditasi memenuhi persyaratan dan memiliki kesiapan untuk diakreditasi.

Adapun Tujuan Prosedur Operasional Standar (POS) Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/madrasah adalah menetapkan sekolah/madrasah yang memenuhi persyaratan untuk diakreditasi pada tahun berjalan serta memberitahukan kepada sekolah/madrasah untuk melakukan evaluasi diri sekolah/madrasah (EDSM).

Langkah Kegiatan dalam Prosedur Operasional Standar (POS) Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/madrasah adalah sebagai berikut:
  1. Ketua BAP-S/M mengundang anggota BAP-S/M, Disdik Provinsi, Kanwil Kemenag, dan Disdik Kabupaten/Kota untuk mengikuti rapat penetapan sekolah/madrasah sasaran.
  2. Ketua BAP-S/M menyampaikan basis data sekolah/madrasah yang belum diakreditasi dan sekolah/madrasah yang harus diakreditasi ulang.
  3. Kepala Disdik menyampaikan daftar sekolah yang memenuhi persyaratan dan kesiapan untuk diakreditasi.
  4. Kepala Kanwil Kemenag menyampaikan daftar madrasah yang memenuhi persyaratan dan kesiapan untuk diakreditasi.
  5. Ketua BAP-S/M memvalidasi sekolah/madrasah sasaran yang memenuhi persyaratan dan memiliki kesiapan untuk diakreditasi.
  6. Ketua BAP-S/M menetapkan sekolah/madrasah sasaran berdasarkan hasil validasi.
  7. Ketua BAP-S/M menyampaikan hasil rapat kepada BAN-S/M dengan dilampiri daftar hadir peserta rapat.
  8. BAP-S/M memberitahukan kepada sekolah/madrasah untuk melakukan evaluasi diri dan mengentri isian instrumen secara daring (online) melalui Sispena-S/M.

Prosedur Operasional Standar (POS) Pelaksanaan Akreditasi Sekolah/madrasah mengalami penyederhanaan dari 15 langkah menjadi 10 langkah. Adapun 10 Mekanisme Akreditasi Sekolah/madrasah adalah sebagai berikut:
  • Langkah ke-1: Penetapan Sasaran Akreditasi Sekolah/Madrasah
  • Langkah ke-2: Sosialisasi dan Penyampaian Perangkat Akreditasi
  • Langkah ke-3: Pengisian dan Pengiriman Instrumen Akreditasi
  • Langkah ke-4: Penetapan Kelayakan Sekolah/Madrasah dan Penugasan Asesor
  • Langkah ke-5: Visitasi ke Sekolah/Madrasah
  • Langkah ke-6: Validasi Proses dan Hasil Visitasi
  • Langkah ke-2: Verifikasi Hasil Validasi dan Penyusunan Rekomendasi
  • Langkah ke-8: Penetapan Hasil dan Rekomendasi Akreditasi
  • Langkah ke-9: Penerbitan dan Penyerahan Sertifikat Akreditasi 
  • Langkah ke-10: Sosialisasi Hasil Akreditasi

Untuk lebih lengkapnya, silakan unduh file berikut yang sudah kami sediakan pada link d bawah ini:

Download Pos Akreditasi SD, SMP, SMA, SMK Tahun 2018 - BAN S/M


Baca Juga !!!


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Pos Akreditasi SD, SMP, SMA, SMK Tahun 2018 - BAN S/M. Semoga dapat bermanfaat bagi anda dalam mempersiapkan diri dalam melaksanakan program pembelajaran. Kritik dan saran saya harapkan untuk bahan perbaikan blog ini pada masa yang akan datang. Blog komunitaspkb.com ini merupakan blog informasi dan berita terkini seputar dunia pendidikan seperti informasi UKG, PKG, Sertifikasi, CPNS, Inpasing, PPG, PPG Dalam Jabatan, PKB dan info penting lainnya. Untuk itu update terus blog ini supaya anda tidak ketinggalan berita terbaru dari kami.


EmoticonEmoticon