Jumat, 23 Februari 2018

Prinsip - Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam LKS SMK Tahun 2018


Prinsip - Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam Lomba Kometensi Siswa (LKS) SMK Tahun 2018 merupakan informasi terbaru yang kami peroleh dari laman psmk.kemdikbud.go.id. Program K3 merupakan suatu hal penting dan perlu diperhatikan oleh pihak pengusaha, karena dengan adanya program kesehatan yang baik akan menguntungkan para karyawan secara material, karena karyawan akan lebih jarang absen, bekerja dengan lingkungan yang lebih menyenangkan, sehingga secara keseluruhan karyawan akan mampu bekerja lebih lama.

Prinsip - Prinsip K3 dalam Lomba Kompetensi Siswa SMK Tahun 2018

Istilah keselamatan dan kesehatan kerja mengacu pada kondisi fisik dan psikologis pekerja yang merupakan hasil dari lingkungan yang diberikan oleh perusahaan. Jika suatu perusahaan melakukan pengukuran keamanan dan kesehatan yang efektif, semakin sedikit pegawai yang mengalami dampak penyakit jangka pendek atau jangka panjang akibat bekerja di perusahaan tersebut.

Ruang lingkup K3 adalah bidang yang terkait dengan keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan manusia, peralatan dan lingkungan kerja di sebuah institusi maupun lokasi proyek. Tujuan K3 adalah untuk memelihara kesehatan dan keselamatan semua sumber daya di lingkungan kerja.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja memiliki beberapa definisi dari beberapa ahli yang mempelajari bidang tersebut. Menurut Tasliman (1993:1), keselamatan dan kesehatan kerja menyangkut semua unsur yang terkait di dalam aktifitas kerja. Menyangkut subyek yaitu orang yang melakukan pekerjaan, obyek yaitu benda-benda atau barangbarang yang dikerjakan, alat-alat kerja yang dipergunakan dalam bekerja berupa mesin-mesin dan peralatan lainya, serta menyangkut lingkungan baik manusia maupun benda-benda atau barang.

Menurut Tasliman (1993:2), tujuan dari penerapan keselamatan dan kesehatan kerja adalah sebagai berikut:
  1. Melindungi tenaga kerja dalam melaksanakan untuk memperoleh keselamatan dan kesehatan serta kesejahteraan hidup.
  2. Menjamin tenaga kerja dalam meningkatkan produktifitas nasional dengan memperoleh keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan yang sesuai.
  3. Menjamin keselamatan dan kesehatan bagi setiap orang yang berada ditempat kerja dan dilingkungan tempat kerja tersebut.
  4. Menjamin sumber-sumber produksi dan peralatan-peralatan kerja digunakan, dipelihara, dirawat secara aman dan efisien.
  5. Mencegah dan mengurangi/memperkecil terjadinya kecelakaan yang terjadi ditempat kerja dan lingkunganya.
  6. Mencegah dan mengurangi/memperkecil kemungkinan terjadinya kebakaran sebagai salah satu bentuk kecelakaan di industri dan tempat-tempat kerja yang berhubungan dengan api, zat kimia, listrik dan material yang mudah terbakar.
  7. Mencegah dan Mengurangi kerugian yang diderita oleh semua pihak karena terjadinya kecelakaan dan kebakaran.
  8. Memberi perlindungan hukum dan moral bagi tenaga kerja dan manajemen industri.
  9. Memberi pertolongan pertama pada kecelakaan, sebagai langkah pertolongan awal dalam penanggulangan kecelakaan yang terjadi.

Untuk informasi selengkapnya, silakan Anda unduh file Prinsip - Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam LKS SMK Tahun 2018 pada link yang telah kami sediakan di bawah ini.


Demikian informasi tentang Prinsip - Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam LKS SMK Tahun 2018. Semoga ini dapat bermanfaat. Kritik dan saran saya harapkan untuk bahan perbaikan blog ini pada masa yang akan datang. Blog komunitaspkb.com ini merupakan blog informasi dan berita terkini seputar dunia pendidikan seperti informasi UKG, PKG, Sertifikasi, CPNS, Inpasing, PKB dan info penting lainnya. Untuk itu update terus blog ini supaya anda tidak ketinggalan berita terbaru dari kami.


EmoticonEmoticon