Selasa, 13 Februari 2018

Panduan Penggunaan Aplikasi Takola SMK Tahun 2018


Panduan Penggunaan Aplikasi Takola SMK Tahun 2018 ini akan kami bagikan khusus bagi Bapak/Ibu pengurus Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Takola SMK adalah aplikasi berbasis web terintegrasi dengan DAPODIK sebagai sumber data yang digunakan untuk mengelola proses pengusulan, penetapan, monitoring dan pelaporan bantuan - bantuan yang diberikan oleh Direktorat Pembinaan SMK kepada Sekolah.

Panduan Penggunaan Aplikasi Takola SMK Tahun 2018

Adapun tujuan yang akan dicapai dari aplikasi Takola ini adalah :
  1. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pemberian bantuan.
  2. Meningkatkan transparasi dan akuntabilitas pengelolaan bantuan.
  3. Memudahkan sekolah proses monitoring terhadap proses pelaksanaan bantuan.
  4. Meningkatkan tata kelola dokumentasi dan pelaporan pelaksanaan bantuan

Setiap satuan pendidikan khususnya Sekolah Menengah Kejuruan mempunyai hak akses untuk masuk ke dalam aplikasi, hak akses tersebut secara default tanpa melalui tahap proses pendaftaran akun yaitu dengan cara menggunakan akun Dapodik, karena setiap sekolah sudah diwajibkan untuk mendaftarkan diri di Jaringan Pendataan Nasional Dapodik sehingga akun tersebut bisa digunakan untuk mempermudah sekolah masuk ke dalam aplikasi tanpa melalui tahapan pendaftaran. Akun sekolah ini digunakan bagi sekolah untuk melakukan verifikasi data dan pelaporan bagi sekolah yang telah mendapat bantuan. 

Berikut ini adalah uraian Panduan Penggunaan Aplikasi Takola untuk Sekolah:
  • Aplikasi Takola SMK untuk sekolah dapat diakses melalui laman http:psmk.kemdikbud.go.id/takola.
  • Setelah terbuka halaman utama aplikasi takola, maka pengguna bisa menekan tombol “Login” dan memasukkan akun Dapodik sekolah seperti pada contoh gambar di bawah ini:
    Login TAKOLA SMK
  • Setelah Login ke dalam aplikasi takola bagi sekolah maka akan ditampilkan halaman utama “home” dan daftar menu yang diperbolehkan diakses oleh sekolah, seperti pada gambar berikut:
Menu Home Takola SMK


Berikut adalah daftar menu yang bisa di akses oleh sekolah:
  • Menu Pesan
Menu ini dipergunakan sebagai sarana untuk bertukar pesan antar pengguna aplikasi Takola layakanya seperti sebuah email, tujuan menu ini dibuat adalah agar bisa saling berkomunikasi antara sekolah dan sekolah lain atau antara sekolah dengan Direktorat Pembinaan SMK terkait data maupun perihal bantuan yang diterima oleh sekolah.
  • Menu Verifikasi Data
Menu Verifikasi Data ini adalah menu yang difungsikan sebagai menu khusus bagi sekolah untuk memverifikasi ulang data yang sekolah telah isikan melalui masing-masing operator yang berada di sekolah ke dalam aplikasi pendataan nasional Dapodik. Sehingga data yang ditampilkan pada menu ini adalah hanya satu data yaitu data masing-masing sekolahnya, data tersebut di kombinasikan dengan data-data yang dibutuhkan terkait pemberian bantuan tetapi yang belum dapat diperoleh dari data Dapodik misal foto lahan, luas lahan tanah atau lahan cor/dak yang siap untuk dibangun dan lain-lain.
  • Menu Kelengkapan Dokumen
Pada menu Kelengkapan Dokumen, sekolah bisa menggunakannya sebagai alat untuk melengkapi seluruh dokumen-dokumen yang dibutuhkan terkait bantuan yang mereka akan terima, misalnya dokumen surat pengantar dari Dinas Pendidikan Provinsi, dokumen SK pengangkatan TIM,dll.
  • Menu Daftar Bantuan Diterima
Menu ini digunakan oleh sekolah untuk melihat riwayat seluruh daftar bantuan yang diterima oleh sekolah berserta data detail keseluruhan setiap program bantuan mulai dari laporan hingga perincian penggunaan dana.

Selengkapnya silakan Anda unduh pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini:


Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Panduan Penggunaan Aplikasi Takola SMK Tahun 2018. Semoga dapat bermanfaat bagi anda dalam mempersiapkan diri dalam melaksanakan program. Kritik dan saran saya harapkan untuk bahan perbaikan blog ini pada masa yang akan datang. Blog komunitaspkb.com ini merupakan blog informasi dan berita terkini seputar dunia pendidikan seperti informasi UKG, PKG, Sertifikasi, CPNS, Inpasing, PKB dan info penting lainnya. Untuk itu update terus blog ini supaya anda tidak ketinggalan berita terbaru dari kami.


EmoticonEmoticon