Kamis, 22 Februari 2018

Kisi - Kisi Ujian Praktek PAI SMA/SMK Kurikulum 2013 Tahun 2018


Kisi - Kisi Ujian Praktek PAI SMA/SMK Kurikulum 2013 Tahun 2018 akan kami bagikan pada kesempatan kali ini. Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam (USBN PAI) mencakup 3 (tiga) ranah yang diujikan, yaitu: ranah sikap melalui penilaian akhlak mulia, ranah pengetahuan melalui ujian tulis, dan ranah keterampilan melalui ujian praktik, termasuk untuk pelaksanaan Tahun Ajaran 2017/2018. 

Ujian praktik dilaksanakan dengan maksud mengukur keterampilan peserta didik dalam aspek membaca dan hafalan Al-Qur’an, dan jenis-jenis praktik ibadah dalam kehidupan sehari-hari. 

Kisi - Kisi UP PAI SMA/SMK Kurikulum 2013 Tahun 2018

A. Bidang Ujian Praktik dan Kemampuan yang Diuji

Bidang-bidang yang diujikan sangat banyak, tetapi GPAI bersama Pengurus MGMP dan satuan pendidikan dapat memilih atau menentukan aspek apa saja yang di-uji praktik-kan. Alternatif yang dapat dipilih antara lain:
  1. Al-Qur’an, dengan uji kemampuan membaca dan penerapan tajwid, serta hafalan suratsurat pendek Al-Qur’an.
  2. Fiqh, aspek yang diuji, antara lain: (a). Praktek Thaharah (wudhu, tayamum, dan membersihkan najis); (b). Praktik Shalat (Fardhu Berjamaah, Shalat Sunnah, Shalat Jenazah); (c). Praktik Dzikir dan Do’a sesudah Shalat Fardhu; dan (d). Uji penyelenggaraan jenazah, dapat dikembangkan kepada tata cara memandikan dan mengkafani.
  3. Akhlak, aspek yang diuji, antara lain: Adab saat melaksanakakan praktik, yakni: cara berpakaian, adab saat masuk/duduk, adab saat shalat, adab saat membaca dan menghafal surat-surat pendek Al-Qur’an, dan adab saat dzikir dan do’a.

B. Pengembangan
  1. Kisi-kisi ini bersifat standar minimal.
  2. Sekolah dapat mengembangkan materi ujian praktik sesuai kondisi setempat.
  3. Materi ujian yang dimaksud meliputi bidang dan jenis kemampuan yang diuji.

C. Materi Ujian Praktik
  • Aspek Al-Qur’an
(a). Kompetensi Dasar: Membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan); larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina; semangat menuntut ilmu; kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja; toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan; berpikir kritis dan bersikap demokratis; saling menasihati dan berbuat baik (ihsan) sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.

(b). Kemampuan yang Diuji: Membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan kontrol diri (mujahadah an nafs), prasangka baik (husnuzzhan); larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina; semangat menuntut ilmu; kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja; toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan; berpikir kritis dan bersikap demokratis; saling menasihati dan berbuat baik (ihsan).

(c). Indikator :
  • Peserta didik mampu membaca Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 yang berkaitan dengan kontrol diri (mujahadah an nafs), prasangka baik (husnuzzhan).
  • Peserta didik mampu membaca Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2, serta tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
  • Peserta didik mampu membaca Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama.
  • Peserta didik mampu membaca Q.S. Al-Maidah (5) : 48; Q.S.Az-Zumar (39) : dan Q.S. At-Taubah (9) :105 tentang taat, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.
  • Peserta didik mampu membaca Q.S. Yunus (10) : 40-41 dan Q.S. Al-Maidah (5) : 32, serta hadits tentang toleransi dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan.
  • Peserta didik mampu membaca Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159 tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
  • Peserta didik mampu membaca Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83, tentang saling menasihati dan berbuat baik (ihsan).
(Aspek yang dinilai: Kelancaran membaca dan penerapan tajwid). 

  • Aspek Fiqh
(a). Kompetensi Dasar: Memahami ketentuan hukum Islam tentang penyelenggaraan jenazah. 
(b). Kemampuan yang Diuji: Melaksanakan penyelenggaraan jenazah. 
(c). Indikator:
  1. Mampu memandikan jenazah dengan benar.
  2. Mampu mengkafani jenazah dengan benar.
  3. Mampu melaksanakan shalat jenazah dengan baik, lengkap dengan bacaannya. 
(Aspek yang dinilai: a. Ketertiban memandikan jenazah sesuai kaifiyah. b. Ketertiban mengkafani jenazah sesuai dengan kaifiyat. c. Kelancaran bacaan dan gerakan shalat jenazah.)

Untuk lebih lengkapnya, silakan langsung saja unduh file nya pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini:


Demikian informasi tentang Kisi - Kisi Ujian Praktek PAI SMA/SMK Kurikulum 2013 Tahun 2018. Semoga ini dapat bermanfaat. Kritik dan saran saya harapkan untuk bahan perbaikan blog ini pada masa yang akan datang. Blog komunitaspkb.com ini merupakan blog informasi dan berita terkini seputar dunia pendidikan seperti informasi UKG, PKG, Sertifikasi, CPNS, Inpasing, PKB dan info penting lainnya. Untuk itu update terus blog ini supaya anda tidak ketinggalan berita terbaru dari kami.


EmoticonEmoticon