Sabtu, 20 Januari 2018

USBN SD,SMP,SMA/SMK Tahun 2018


USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) Untuk Jenjang SD,SMP,SMA/SMK Tahun 2018 akan kami bagikan dalam postingan kali ini. Tahun Ajaran 2017/2018 adalah tahun kedua USBN dilaksanakan. Perbedaan antara UN dan USBN adalah dalam USBN akan ditambahkan materi soal berupa esai serta materi pembuatan soal akan diserahkan kepada pemerintah provinsi untuk jenjang SMA/SMK, dan pemerintah kota/kabupaten untuk jenjang SMP, sedangkan UN seluruhnya diatur oleh Pemerintah Pusat.

USBN SD/MI,SMP/MTs,SMA/SMK/MA Tahun 2018


Ada perbedaan antara USBN Tahun 2017 dengan USBN Tahun 2018. Berikut ini adalah beberapa Perubahan dari USBN Tahun 2017 ke USBN Tahun 2018:

A. Perubahan USBN jenjang SD sederajat: 
Mata Pelajaran yang diujikan masih sama, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Namun yang menjadi pembedanya untuk Tahun 2018 Komposisi Soal yang diberikan terbagi menjadi Pilihan ganda (90%) dan Essay (10%).

B. Perubahan USBN jenjang SMP, SMA, SMK sederajat: 
  1. SMP : (a) Mata pelajaran yang diujikan menjadi semua mata pelajaran, yakni PAI, PKn, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, Sejarah Indonesia, Bahasa Inggris, PJOK, Seni Budaya, Prakarya. Dengan demikian untuk jenjang SMP/Sederajat tidak ada lagi Ujian Sekolah (US) untuk Tahun 2018. (b) Untuk penyiapan naskah ujian SMP/sederajat: 25% disiapkan oleh Pusat sebagai anchor dan 75% disiapkan oleh guru dan dikonsolidasikan di MGMP. (c) Komposisi Soal Pilihan ganda (90%) dan Essay (10%). (e) Perakitan soal oleh sekolah/MGMP. dan (f) Moda Ujian: Kertas (essay) dan komputer (Pilihan ganda).
  2. SMA/Sederajat: (a) Mata pelajaran yang diujikan menjadi semua mata pelajaran, yakni Pedidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, PJOK, Seni Budaya, dan Prakarya dan Kewirausahaan, serta 3 (tiga) mapel lainnya sesuai jurusan. (b) Untuk penyiapan naskah ujian SMA/sederajat: 25% disiapkan oleh Pusat sebagai anchor dan 75% disiapkan oleh guru dan dikonsolidasikan di MGMP. (c) Komposisi Soal Pilihan ganda (90%) dan Essay (10%). (e) Perakitan soal oleh sekolah/MGMP. dan (f) Moda Ujian: Kertas (essay) dan komputer (Pilihan ganda).
  3. SMK/Sederajat: (a) Mata pelajaran yang diujikan menjadi semua mata pelajaran, yakni Pedidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, PJOK, Seni Budaya, dan Prakarya dan Kewirausahaan, KKPI, Fisika, dan Kimia. (b) Untuk penyiapan naskah ujian SMA/sederajat: 25% disiapkan oleh Pusat sebagai anchor dan 75% disiapkan oleh guru dan dikonsolidasikan di MGMP. (c) Komposisi Soal Pilihan ganda (90%) dan Essay (10%). (e) Perakitan soal oleh sekolah/MGMP. dan (f) Moda Ujian: Kertas (essay) dan komputer (Pilihan ganda).

C. Alur Penyusunan Soal USBN:
  1. Naskah soal USBN SD/MI disusun oleh guru pada satuan pendidikan yang dikonsolidasikan di KKG .
  2. Naskah soal USBN SMP/MTs disusun oleh guru pada satuan pendidikan yang dikonsolidasikan di MGMP
  3. Naskah soal USBN SMA/MA/SMK disusun oleh guru pada satuan pendidikan yang dikonsolidasikan di MGMP
  4. Perakitan soal (100%) dilaksanakan di tingkat MGMP/KKG atau di satuan pendidikan.

Untuk lebih lengkapnya, silakan klik tautan berikut ini:


Demikian USBN SD/MI,SMP/MTs,SMA/SMK/MA Tahun 2018. Semoga ini dapat bermanfaat. Kritik dan saran saya harapkan untuk bahan perbaikan blog ini pada masa yang akan datang. Blog komunitaspkb.com ini merupakan blog informasi dan berita terkini seputar dunia pendidikan seperti informasi UKG, PKG, Sertifikasi, CPNS, Inpasing, PKB dan info penting lainnya. Untuk itu update terus blog ini supaya anda tidak ketinggalan berita terbaru dari kami.

1 komentar:


EmoticonEmoticon