Rabu, 29 November 2017

13 Kebijakan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-SM) Tahun 2017


13 Kebijakan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-SM) Tahun 2018 - Dalam melaksanakan program kegiatan untuk tahun anggaran 2017, BAN-S/M mempertimbangkan beberapa hal, antara lain: (1) Pencapaian Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2015-2019; (2) Peningkatan pelaksanaan arah kebijakan Akreditasi Bermutu untuk Pendidikan Bermutu: perangkat, asesor, data, dan manajemen; (3) Pengakuan dan pemanfaatan hasil-hasil akreditasi oleh pengambil kebijakan dan masyarakat; (4) Analisis hasil monev & surveilans; dan (5) Laporan dan raw data sekolah/madrasah dan asesor dari BAP-S/M. Hal ini disampaikan Ketua BAN-S/M, Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed. dalam paparannya bertema Kebijakan dan Program Kerja BAN-S/M 2017.
13 Kebijakan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-SM) Tahun 2017
Dalam Sesi Pertama pada kegiatan Rakornas-I, Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed., menegaskan bahwa pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah memiliki 4 prinsip yang cukup fundamental meliputi: Efektifitas; melaksanakan program yang tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat guna; Efisiensi; penggunaan anggaran dan waktu yang semaksimal dan seoptimal mungkin; Transparansi; terbuka, terukur dan sesuai dengan ketentuan; dan Akuntabilitas; setiap program yang dilaksanakan dapat dipertanggungjawabkan dan memiliki kontribusi serta bermanfaat dalam pencapaian dan penjaminan mutu pendidikan nasional.

Sementara, lanjut Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed., BAN-S/M mengeluarkan kebijakan untuk tahun 2017, antara lain:
  1. Pelaksanaan akreditasi sesuai Renstra Kemdikbud 2015-2019.
  2. Penguatan kelembagaan BAN-S/M dan BAP-S/M.
  3. Sosialisasi dan Pemberlakuan Perangkat Akreditasi 2017.
  4. Penetapan Nilai, Peringkat, dan Predikat Akreditasi.
  5. Pelatihan Pelatih Asesor (ToT).
  6. Peningkatan jumlah, kualitas, dan kinerja asesor.
  7. Penyusunan Perangkat, Pelatihan Asesor, dan Pelaksanaan Akreditasi SPK.
  8. Pembinaan dan Pelaksanaan Akreditasi SILN.
  9. Penuntasan akreditasi sekolah/madrasah di daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).
  10. Revisi Pedoman dan POS Pelaksanaan Akreditasi.
  11. Peningkatan kerja sama dengan pihak-pihak terkait.
  12. Perpanjangan sertifikat akreditasi sekolah/madrasah.
  13. Peningkatan Akreditasi berbasis data yang terintegrasi dengan Dapodik Kemdikbud.

Untuk lebih lengkapnya, silakan Anda kunjungi link berikut:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang 13 Kebijakan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-SM) Tahun 2017. Semoga dapat bermanfaat bagi anda dalam mempersiapkan diri dalam melaksanakan program. Kritik dan saran saya harapkan untuk bahan perbaikan blog ini pada masa yang akan datang. Blog komunitaspkb.com ini merupakan blog informasi dan berita terkini seputar dunia pendidikan seperti informasi UKG, PKG, Sertifikasi, CPNS, Inpasing, PKB dan info penting lainnya. Untuk itu update terus blog ini supaya anda tidak ketinggalan berita terbaru dari kami.


EmoticonEmoticon