Senin, 23 Oktober 2017

Peran Penting Komite Sekolah Berdasarkan Pemendikbud No 75 Tahun 2016 Update 2017


Peran Penting Komite Sekolah Berdasarkan Pemendikbud Nomor 75 Tahun 2016 Update 2017  - ini dibahas dalam Permendikbud Nomor 25 Tahun 2016 Pasal (1), (2), (3), (4) dan lainnya. Artikel ini merupakan informasi terbaru yang akan kami posting dalam kesempatan kali ini. Dalam Permendikbud No 75 Tahun 2016 ini sudah dijelaskan tentang pengertian, fungsi, tugas serta siapa saja yang menjadi anggota dari komite sekolah. 

Peran Penting Komite Sekolah Berdasarkan Pemendikbud No 75 Tahun 2016 Update 2017

Berikut ini ketentuan tentang Komite Sekolah berdasarkan Permendikbud No 75 Tahun 2016: 
  • Pengertian Komite Sekolah dalam Pasal (1) ayat 1
Komite Sekolah adalah lembaga mandiri yang beranggotakan orangtua/wali peserta didik, komunitas sekolah, serta tokoh masyarakat yang peduli pendidikan. 
  • Kedudukan Komite Sekolah dalam Pasal (2) ayat:
(1) Komite Sekolah berkedudukan di setiap Sekolah.
(2) Komite Sekolah berfungsi dalam peningkatan mutu pelayanan Pendidikan.
(3) Komite Sekolah menjalankan fungsinya secara gotong royong, demokratis, mandiri, profesional, dan akuntabel. 
  • Tugas Komite Sekolah dalam Pasal (3) ayat:
(1) Dalam melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2, Komite Sekolah bertugas untuk:
a. Memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan terkait: kebijakan dan program Sekolah; Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah/Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RAPBS/RKAS); kriteria kinerja Sekolah; kriteria fasilitas pendidikan di Sekolah; dan kriteria kerjasama Sekolah dengan pihak lain.
b. Menggalang dana dan sumber daya pendidikan lainnya dari masyarakat baik perorangan/ organisasi/ dunia usaha/ dunia industri maupun pemangku kepentingan lainnya melalui upaya kreatif dan inovatif;
c. Mengawasi pelayanan pendidikan di Sekolah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
d. Menindaklanjuti keluhan, saran, kritik, dan aspirasi dari peserta didik, orangtua/wali, dan masyarakat serta hasil pengamatan Komite Sekolah atas kinerja Sekolah.
(2) Upaya kreatif dan inovatif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b harus memenuhi kelayakan, etika, kesantunan, dan ketentuan peraturan perundang-undangan.
  • Anggota Komite Sekolah dalam Pasal (4) ayat:
(1) Anggota Komite Sekolah terdiri atas unsur: 
a. Orang tua/wali dari siswa yang masih aktif pada Sekolah yang bersangkutan paling banyak 50% (lima puluh persen);
b. Tokoh masyarakat paling banyak 30% (tiga puluh persen), antara lain: 1). memiliki pekerjaan dan perilaku hidup yang dapat menjadi panutan bagi masyarakat setempat; dan /atau 2) anggota/pengurus organisasi atau kelompok masyarakat peduli pendidikan, tidak termasuk anggota/pengurus organisasi profesi pendidik dan pengurus partai politik. 
c. Pakar pendidikan paling banyak 30% (tiga puluh persen), antara lain: 1) pensiunan tenaga pendidik; dan/atau 2) orang yang memiliki pengalaman di bidang pendidikan. 
d. Persentase sebagaimana dimaksud dalam huruf a, huruf b, dan huruf c menjadi batas maksimal sampai dengan jumlah anggota memenuhi 100% (seratus persen) yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing.
(2) Anggota Komite Sekolah berjumlah paling sedikit 5 (lima) orang dan paling banyak 15 (lima belas) orang.
(3) Anggota Komite Sekolah tidak dapat berasal dari unsur: 
a. pendidik dan tenaga kependidikan dari Sekolah yang bersangkutan; 
b. penyelenggara Sekolah yang bersangkutan; 
c. pemerintah desa; 
d. forum koordinasi pimpinan kecamatan; 
e. forum koordinasi pimpinan daerah; 
f. anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah; dan/atau 
g. pejabat pemerintah/pemerintah daerah yang membidangi pendidikan.

Untuk lebih lengkapnya, silakan klik tautan berikut:

Demikian Peran Penting Komite Sekolah Berdasarkan Pemendikbud No 75 Tahun 2016 Update 2017. Semoga ini dapat bermanfaat bagi anda dalam mempersiapkan diri dalam melaksanakan program. Kritik dan saran saya harapkan untuk bahan perbaikan blog ini pada masa yang akan datang. Blog komunitaspkb.com ini merupakan blog informasi dan berita terkini seputar dunia pendidikan seperti informasi UKG, PKG, Sertifikasi, CPNS, Inpasing, PKB dan info penting lainnya. Untuk itu update terus blog ini supaya anda tidak ketinggalan berita terbaru dari kami.


EmoticonEmoticon